ALQUR'AN HADIS KLS 7 ( TGL 09 SEPTEMBER 2020 ) - MTS SA DARUL IHSAN

BELAJAR DAN TERUS BELAJAR

Kamis, 03 September 2020

ALQUR'AN HADIS KLS 7 ( TGL 09 SEPTEMBER 2020 )

 

AL QUR’AN DAN HADIS

 

Dalam menjalankan kehidupan di dunia, umat Islam menjadikan Al-Qur'an dan hadis sebagai sumber hukum yang paling utama. Al-Qur'an merupakan kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw secara berangsur-angsur lewat perantara malaikat Jibril. Sedangkan hadis merupakan segala perkataan, perbuatan, maupun persetujuan dari Nabi Muhammad saw.

Terkait dengan kalam Allah tersebut, ada banyak sekali firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad tetapi berbeda dengan Al-Qur'an. Itulah yang dinamakan Hadis Qudsi yang disandarkan langsung pada Allah Swt, tetapi disampaikan dan dibahasakan sendiri oleh Nabi Muhammad saw.

Meski sama-sama berasal dari Allah Swt, terdapat perbedaan mendasar antara Al-Qur'an dan Hadis Qudsi yang harus dipahami. Perbedaan mendasar itu sebagaimana disebutkan oleh Syekh Muhammad bin Alawi Al-Maliki dalam karyanya yang berjudul Al-Qawaidul Asasiyyah Fi Ilmi Musthalahil Hadits.

1. Al-Qur'an merupakan Mukjizat Nabi Muhammad saw yang terjaga sepanjang masa dari segala bentuk perubahan, baik lafalnya maupun seluruh isinya sampai pada aspek hurufnya. Al-Qur'an juga kitab disampaikan secara mutawatir (berangsur-angsur).

2. Meriwayatkan Al-Qur'an tidak boleh hanya maknanya saja, melainkan harus dihafalkan sebagaimana adanya. Sedangkan Hadis Qudsi boleh diriwayatkan maknanya saja. Bahkan, masih bisa dikritisi sanad ataupun matannya layaknya hadis-hadis lain.

3. Mushaf Al-Qur'an harus dipegang dalam keadaan suci dari hadas kecil maupun hadas besar terlebih bagi kalangan mazhab Syafi'i. Sedangkan Hadis Qudsi boleh dibaca meski sedang dalam keadaan berhadas.

4. Ayat Al-Qur'an harus dibaca saat salat, sedangkan Hadis Qudsi tidak boleh dibaca saat salat karena salatnya menjadi tidak sah.

5. Membaca Al-Qur'an mendatangkan pahala yang bahkan dihitung setiap huruf demi huruf.

6. Sebutan Al-Qur'an memang berasal dari Allah, beserta nama-nama lainnya dari Al-Qur'an.

7. Al-Qur'an tersusun dalam susunan ayat dan surat yang telah ditentukan.

8. Lafal dan makna Al-Qur'an sudah diwahyukan secara utuh kepada Nabi Muhammad (tidak berubah), sedangkan lafal Hadis Qudsi bisa diriwayatkan oleh para periwayat secara maknanya saja.

Itulah beberapa perbedaan dari Al-Qur'an dan Hadis Qudsi yang perlu kita cermati sebagai bagian dari memahami sumber hukum dalam Islam.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar