Informatika kls 7 ( 18 September 2020 ) - MTS SA DARUL IHSAN

BELAJAR DAN TERUS BELAJAR

Jumat, 18 September 2020

Informatika kls 7 ( 18 September 2020 )

 

Macam Macam Perangkat Penyimpanan Data pada Komputer


1. Penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk)

a. Penyimpanan magnetik adalah perangkat penyimpanan data yang termasuk penyimpanan penyimpanan (secondary storage) yang paling banyak digunakan pada sistem komputer modern.

Keuntungan dan kerugian
Kelebihan: Kapasitas penyimpanan media ini lebih besar dibanding perangkat penyimpanan lainnya bahkan ke Petabyte dan kecepatan akses data cukup tinggi.

Kekurangan: Harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan perangkat penyimpanan lainnya.

Cara Kerja: (Hanya beberapa) Saat disk sedang digunakan, drive motor berputar dengan kecepatan sangat tinggi. Ada kepala baca-tulis yang ditempatkan di atas permukaan disk. Permukaan disk terbagi menjadi beberapa track yang masih terbagi dalam beberapa sektor.

Kepala disk masih memiliki satu kepala untuk setiap lintasan, sedangkan cakram kepala yang bergerak (atau yang sering dikenal sebagai hard disk) hanya memiliki satu kepala yang perlu dipindahkan untuk mengakses dari satu jalur ke jalur lainnya.

Pada tahun 1969, floppy disk pertama kali diperkenalkan. Ini hanya bisa dibaca (read-only), jadi jika data yang tersimpan tidak bisa dimodifikasi atau dihapus.

Ukuran 8 inci dan bisa menyimpan data sekitar 80kB. Empat tahun kemudian, floppy disk yang sama muncul dan bisa menyimpan 256kB data.

Selain itu, ia memiliki kemampuan untuk ditulis ulang (dapat ditulisi). Perkembangan selanjutnya, pada tahun 1990 lahir sebuah disk dengan ukuran 3 inci yang bisa menyimpan data sekitar 250 MB, atau biasa disebut Zip disk.

b. HARDDISK
Hard disk adalah jenis disk yang tetap, tidak perlu terpapar - dimasukkan sebagai floppy disk. Umumnya terbuat dari paduan logam berbentuk cakram atau piring.

Hard disk biasanya terdiri dari lebih dari satu piring atau piring dilapisi dengan oksida besi. Cara menyimpan data hampir sama dengan disket floppy. Bahan hard disk dan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, juga membedakannya dari disket floppy disk yang relatif elastis.


c. FLASHDISK
Flashdisk adalah jenis perangkat penyimpanan floppy drive lain yang menggunakan jenis kabel antarmuka USB (Universal Serial Bus). Flash drive ini bisa dibaca dan ditulis, sangat praktis dan ringan dengan ukuran mulai dari 50 x 15 x 6 mm. Bahkan untuk saat ini, ukurannya lebih kecil dengan kapasitas yang jauh lebih besar, mencapai 1 TB.

d. KARTU MEMORI
Media penyimpanan banyak digunakan di komputer dan peralatan elektronik, seperti kamera digital, laptop, ponsel, ipod dan konsol permainan video.

e. ZIP DRIVE
Adalah media penyimpan yang magnetis dengan kepala yang sangat kecil dan bisa menampung hingga 750 MB data. Format ini menjadi yang paling populer di kalangan produk tipe super floppy namun belum pernah mencapai status standar untuk menggantikan floppy disk 3,5 inci. Kemudian, CD-RW menggantikan posisi Zip disk, dan pemutar CD Zip-650 atau Zip-CD secara internal dan eksternal dijual dengan merek Zip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar