IPS Kls 7 ( 08 September 20 ) - MTS SA DARUL IHSAN

BELAJAR DAN TERUS BELAJAR

Selasa, 08 September 2020

IPS Kls 7 ( 08 September 20 )

 

Lanjutan materi sebelumnya

a.       Potensi sumber daya Hutan

 

 

b.      Potensi sumber daya Tambang

Perhatikan keadaan sekitar, adakah kegiatan penambangan yang dilakukan oleh penduduk sekitar? Kegiatan penambangan apakah yang umumnya dilakukan oleh mereka?

Indonesia merupakan salah satu Negara di dunia yang kaya akan bahan tambang. Beraneka bahan tambang tersedia untuk memenuhi kebutuhan negeri maupun luar negeri.

1.      Minyak Bumi dan Gas

Minyak bumi dan gas merupakan sumber energy utama yang saat ini banyak dipakai untuk keperluan industry, tranportasi, dan rumah tangga. Saat ini telah dikembangkan sumber energy alternative misalnya bioenergi dari beberapa jenis tumbuhan dan sumber energi lainnya seperti energi matahari, angina dan gelombang. Namun produksi energy dari sumber alternative masih terbatas jumlahnya.

2.      Batu Bara

Batu bara adalah batuan sedimen yang terbentuk dari sisa tumbuhan yang telah mati dan mengendap selama jutaan tahun lalu. Unsur-unsur yang menyusunnya terutama adalah karbon, hydrogen, dan oksigen.

Batu bara digunakan sebagai sumber energi untuk berbagai keperluan. Energi yang dihasilkan batu bara dapat digunakan untuk pembangkit listrik, keperluan rumah tangga (memasak), pembangkaran pada industri batu bara atau genteng, semen, batu kapur, bijih besi dan baja, industry kimia dan lain-lain.

3.      Bauksit

Bauksit adalah sember bijih utama untuk menghasilkan alumunium. Juga bermanfaat untuk industry keramik, logam, kimia, dan matalergi. Indonesia memiliki potensi bauksit yang cukup besar dengan produksi mencapai 1.262.710 ton. Sebagian dari hasil pertambangan baukit dimanfaatkan untuk industri dalam negri dan sebagian lainnya diekspor. Bauksit ditambang di daerah kepulauan Riau (Pulau Bintang) dan Kalimantan Barat (Singkawang).

4.      Pasir Besi

Pasir besi dimanfaatkan untuk industri logam besi dan industri semen. Aktivitas penambangan pasir besi dapat ditemukan di Cilacap (Jawa Tengah), Sumatra, Lombok, Yogyakarta, Gunung Tegak (Lampung), Pegunungan Verbeek (Sulawesi Selatan) dan Pulau Sebuku (Kalimantan Selatan).

5.      Emas

Emas umumnya dimanfaatkan untuk perhiasan. Berdasarkan data Tekmira ESDM, produksi emas Indonesia pada tahun 2003 mencapai 141.019 ton. Berikut ini tambang emas yang tersebar di Indonesia. Papua (Freeport Timika), Kalimantan Barat (Sambas), Nangroe Aceh Darussalam (Meulaboh), Sulawesi Utara (Bolaang Mongondow, Minahasa), Riau (Logos), dan Bengkulu (Rejang Lobong).

 

Kalian telah mempelajari kekayaan sumber daya alam Indonesia.

Tahukan kalian sumber daya alam yang ada di sekitar tempat tinggal kalian?

Carilah informasi tentang sumber daya alam yang ada di daerah kalian masing-masing.


No.

Nama Sumber Daya Alam

Lokasi Sebaran

Pemanfaatan

1.

 

 

 

2.

 

 

 

3.

 

 

 

4.

 

 

 

5.

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar