Informatika Kls 7 - MTS SA DARUL IHSAN

BELAJAR DAN TERUS BELAJAR

Selasa, 20 Oktober 2020

Informatika Kls 7

 

3.  Perangkat Lunak Berdasarkan Perangkat

 

A. Desktop

Komputer meja (bahasa Inggrisnya desktop computer atau cukup desktop saja) adalah komputer pribadi yang ditujukan untuk penggunaan secara umum di satu lokasi yang berlawanan dengan komputer jinjing atau komputer portabel. Periferal- periferal komputer meja seperti tampilan komputer, CPU, dan papan ketik terpisah satu sama lain dan relatif berukuran besar (juga berlawanan dengan periferal pada komputer jinjing yang terintegrasi dan berukuran kecil). Komputer jenis ini dirancang untuk diletakkan dan digunakan di atas meja di rumah atau kantor. Komputer meja merupakan komputer yang paling terjangkau dan paling umum digunakan.

Komputer desktop atau juga dikenal Perangkat Desktop adalah sejenis komputer pribadi yang dirancang untuk penggunaan biasa dan ditempatkan pada lokasi yang tunggal atau ditempatkan pada meja yang sesuai ukuran dan kebutuhan daya komputer itu sendiri. Komputer Desktop terdiri dari beberapa perangkat keras seperti power supply, motherboard (termasuk komponen yang tertancap disana), disk penyimpanan, keyboard, mouse, monitor, dan printer.

Sejarah Komputer Desktop

Pada awalnya, komputer pertama diprogram hingga menjadi kalkulator/komputer dan kemudian dipasarkan pada paruh kedua tahun 1960an, dimulai oleh Italia dengan komputer berukuran mesin tik dengan mesin Programman 101 (1965). Selanjutnya, komputer model desktop diperkenalkan pada tahun 1971 dan menuju pada model program BASIC pada tahun 1972.

Komputer yang satu ini menggunakan versi yang lebih kecil dari komputer mini yang mengusung desain berdasarkan readonly memory (ROM) dan memiliki satu garis atau lampu LED kecil sebagai indikator alfanumerik. Komputer itu bisa menggambar grafik komputer dengan plotter.

Pertumbuhan dan perkembangan Sepanjang tahun 1980an dan 1990an, komputer desktop menjadi tipe dominan, yang paling   populer menjadi IBM PC dan yang tiruan, diikuti oleh Apple Macintosh, dengan urutan ketiga Commodore Amiga memiliki beberapa keberhasilan di pertengahan 1980an tetapi menurun oleh awal

1990an.

Komputer pribadi awalnya, sama seperti komputer personal IBM aslinya, yang tertutup di sebuah "kasus desktop", horizontal berorientasi untuk memiliki tampilan layar ditempatkan di atas, sehingga menghemat ruang pada meja, meskipun komputer ini harus cukup kokoh untuk mendukung berat monitor CRT yang berukuran lebar waktu dulu.

B. Mobile Computing

 Pengertian mobile computing adalah kemampuan teknologi untuk menghadapi perpindahan/pergerakan manusia dalam penggunaan komputer secara praktis. Beberapa pengertian tentang mobile computing diantaranya :

o Mobile  computing  merupakan  paradigma  baru  dari  teknologi  yang  mampu melakukan komunikasi.   walaupun user melakukan perpindahan.

o Merupakan   kemajuan   teknologi   komputer,   sering   disebut   sebagai   mobile computer (portable  computer) yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel).

o Merupakan sekumpulan peralatan(hardware), data, dan perangkat lunak aplikasi yang bermobilisasi/berpindahlokasi.

o Merupakan kelas tertentu dari system terdistribusi dimana beberapa node dapat melepaskan diri dari    operasi terdistirbusi, bergerak bebas, dan melakukan koneksi kembali pada jaringan yang berbeda. Tidak sama dengan wireless computing.

Dari definisi diatas kita dapat memahami mengapa kita membutuhkan mobile computing. Kata kuncinya adalah kita manusia dinamis yang senantiasa bergerak dan berkembang dari satu keadaan ke keadaan yang lain. Sehingga membutuhkan suatu device yang mampu mengikuti pergerakan kita. Bergerak disini dilihat dari dua sisi yaitu orang dan device.

 

Pergerakan dari User :

 o Perpindahan posisi geografis

o Perpindahan jaringan komunikasi

o Perpindahan peralatan komunikasi

o Perpindahan antara aplikasi

Pergerakan dari Device :

o Perpindahan posisi geografis

o Perpindahan jaringan komunikasi

Jenis Mobile Computing :

o Laptop

o Wearable computer

o PDA

o Smart phone

o Carputer

o UMPC

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar