BAHASA INDONESIA KELAS 8-3 - MTS SA DARUL IHSAN

BELAJAR DAN TERUS BELAJAR

Senin, 01 September 2025

BAHASA INDONESIA KELAS 8-3

 

1.      PENGERTIAN IKLAN

Iklan adalah sebuah informasi yang mendorong dan membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga dapat diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang atau jasa. Biasanya, iklan disampaikan melalui media massa seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet.

2.      CIRI-CIRI IKLAN

1.      Iklan tentu berbeda dengan jenis publikasi lainnya.  Ciri iklan paling umum, yaitu bersifat informatif dan mampu

menjelaskan produk atau jasa secara efektif. Selain itu, iklan juga memiliki ciri-ciri lain seperti berikut:

2.      Menggunakan bahasa yang singkat namun tetap efektif agar pesan yang disampaikan tepat sasaran.

3.      Menggunakan diksi yang bersifat sugesti dan mengajak karena tujuan dari iklan adalah untuk mempengaruhi konsumen.

4.      Memiliki target pasar yang jelas agar distribusi produk lebih efektif.

5.      Dikemas secara menarik agar mendapatkan perhatian pembaca atau konsumen.

6.      Penyampaian informasi secara padat, jelas, dan tidak menyinggung pihak lain

3.      SLOGAN

Slogan adalah kalimat pendek, menarik, dan mudah diingat yang digunakan untuk menyampaikan pesan penting atau mempromosikan suatu produk, acara, atau ide.

Contoh Slogan

"Mencegah lebih baik daripada mengobati"

yang bermakna bahwa tindakan pencegahan penyakit lebih penting daripada pengobatan setelah sakit,

"Buku adalah jendela dunia"

yang berarti melalui buku kita dapat memperluas wawasan dan pengetahuan kita, dan "Berani jujur itu hebat"

yang mengandung makna bahwa kejujuran adalah sikap yang patut dibanggakan. 

 

 

 

 

4.      POSTER

Poster adalah media publikasi yang menggabungkan tulisan dan gambar dalam desain yang menarik untuk menyampaikan pesan, informasi, atau ide kepada masyarakat luas di tempat umum.

Contoh Poster




Tidak ada komentar:

Posting Komentar