Al qur"an Hadis Kls 9 ( 09 September ) - MTS SA DARUL IHSAN

BELAJAR DAN TERUS BELAJAR

Rabu, 09 September 2020

Al qur"an Hadis Kls 9 ( 09 September )

 

1.   Al-Qur’an Surat Al Qari’ah.

 


a. Surat Al-Qari’ah Ayat 1-11.

  

    Silahkan tulis ayat al Qur’an nya      

 

 Artinya:

              1. Hari kiamat,   2.  Apakah hari selesai zaman itu?    3.  Tahukah kau apakah hari selesai zaman itu?   4.  Pada hari itu insan yakni mirip anai-anai yang bertebaran,  5.  Dan gunung-gunung yakni mirip bulu yang dihambur-hamburkan.          6.  Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya,    7.  Maka ia berada dalam kehidupan yang memuaskan.     8.  Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya,       9.  Maka kawasan kembalinya yakni neraka Hawiyah.     10.  Tahukah kau apakah neraka Hawiyah itu?     11.  (yaitu) api yang sangat panas.

b. Kandungan Al-Qur’an Surat Al-Qari’ah.


        Surah Al-Qari’ah yakni surah ke-101 dalam Al-Qur’an. Surah ini terdiri atas 11 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyyah, diturunkan setelah surah Quraisy. Nama Al-Qari’ah diambil dari kata Al-Qari’ah yang terdapat pada ayat pertama, artinya menggebrak atau mengguncang, kemudian kata ini digunakan untuk nama hari kiamat.

        Pokok isi surah ini yakni kejadian-kejadian pada hari kiamat, yaitu insan bertebaran, gunung berhamburan, amal perbuatan insan ditimbang dan bahaya Neraka Hawiyah.

Ayat 1-3 ini berisi pemberitahuan akan datangnya hari kiamat, dan pertanyaan apakah hari selesai zaman itu.  Pertanyaan bukan berarti ketidaktahuan Allah Swt melainkan untuk menarik perhatian siapa saja yang mendengarkan.

         Ayat 4-5 menjelaskan insiden yang terjadi pada hari selesai zaman keadaan insan sangat panik, ketakutan dan kebingung. Mereka berlarian tak tentu arah sehingga mereka digambarkan mirip anai-anai yang bertebaran. Diantara para mufassir ada yang menjelaskan makna anai-anai yakni laron-laron yaitu hewan yang terbang tak tentu arah, ia hanya terbang apakah ia akan selamat tau celaka. Ada yang memaknai anai-anai dengan hewan atau serangga kecil yang  sering bertebarang mengelilingi lampu.

Sedangkan gunung-gunung digambarkan mirip bulu yang berhamburan. Gunung yakni sesuatu yang bermateri berat dan bulu yakni sesuatu yan

         Sedangkan gunung-gunung digambarkan mirip bulu yang berhamburan. Gunung yakni sesuatu yang bermateri berat dan bulu yakni sesuatu yang sangat ringan. Bisa dibayangkan kedahsyatan selesai zaman pada dikala itu sehingga gunung diibaratkan mirip bulu yang dihambur-hamburkan sehingga menyebabkan insan menjadi kebingungan.

          Kita biasa memikirkan, ada satu gunung berapi mengalami erupsi, sudah menyebabkan insan kebingungan, mencari pertolongan dan kawasan yuang aman, mereka mengungsi dan meninggalkan harta bendanya. Apa lagi ketika gunung-gunung berapai semua berhamburan, mengeluarkan llahar panas tentu akan menyebabkan situasi yang tidak menentu.

Ayat 6-9 menjelaskan adanya dua golongan manusia, yaitu golongan orang-orang yang mempunyai timbangan kebaikannya lebih berat dan orang-orang yang mempunyai timbangan kebaikannya ringan. Setelah hari selesai zaman ada yang disebut dengan yaumul ba’as  yang artinya hari dibangkitkannya insan dari kubur. (ba’ast = bangkit) sedangkan yaumul mahsyar yaitu dikumpulkannya insan di padang mahsyar setelah itu insan mendapatkan catatan amalnya selama di dunia. Dengan catatan amal itu insan dihisab (dihitung) dan dimizan (ditimbang) semua amalnya. Hal tersebut dinamakan yaumul hisab.

Setelah itu insan mendapatkan reward dan punishment atas seluruh perbuatannya di dunia pada dikala yaumul jaza’ (jaza’=pahala) orang yang mempunyai timbangan amal kebaikan yang banyak akan mendapatkan kehormatan dengan dimasukkannya ke dalam kehidupan yang memuaskan (surga). Dan kebalikannya orang yang mempunyai timbangan amal kebaikan yang sedikit akan dimasukkan Allah Swt ke dalam Neraka Hawiyah.

Ayat 10-11 menjelaskan wacana neraka HawiyahHawiyah artinya yang turun. Maka orang yang mempunyai amal kebaikan yang sedikit akan dimasukkan Allah Swt ke dalam neraka Hawiyah. Apakah dan bagaimanakah neraka hawiyah itu? Adalah api yang panas. Api yang panas, (bergejolak).


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar