IPS Kls 8 ( 09 September 20 ) - MTS SA DARUL IHSAN

BELAJAR DAN TERUS BELAJAR

Rabu, 09 September 2020

IPS Kls 8 ( 09 September 20 )

 

Mengingatkan kembali materi yang telah kita pelajari mengenai ”karakteristik masing-masing negara anggota ASEAN secara umum”

a. Indonesia beribu kotakan jakarta memiliki keberagaman budaya bahasa bahkan agama, indonesia terletak antara 95° BT - 141° BT dan antara 6°LU - 11°LS dan memiliki iklim tropis. Sumber daya alam indonesia berupa hasil tambang, pertanian dan bahan baku industri, kerjasama seperti ekspor dan impor masih dilakukan dengan negara lain.

 b. Negara Berunei Darusalam merupakan pemerintahan Kesultanan yang di kepala negarai Sultan dan beribukotakan Bandar Sari Begawan, bahasa utamanya adalah melayu namun ada juga inggris dan Tiongkok, agamanya pun beragam Islam 60% sisanya beragama budhha dan kristen. Berunei terletak pada 4°LU - 6°LU dan 114°BT - 115°BT dan dikelilingi oleh negara Malaysia, brunnei memiliki iklim tropis, minyak dan gas merupakan sumber daya alam andalan yang terbesar di hampir seluruh wilayah Brunnei, perekonomiannnya hampir semua ditopang dari minyak dan gas bumi. Kerja sama dengan indonesia dalam kegiatan ekspor dan impor.

c. Republik Filipina (Republica de Filipinas) ibu kotanya Manila, bentuk Pemeritahan Republik dengan Badan Legislatif Dewan Nasional, Bahasa resmi Filipino atau tagalog dan Inggris campuran Cebuano, Ilocano, dialek lokal, Agama Khatolik Roma, Protestan, Islam, Budhha. Filipina terletak di wilayah Asia Tenggara yang dibatasi oleh sebelah utara dan timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, selatan Laut Sulawesi dan barat Laut cina, terletak antara 5°LU-21°LU dan 117°BT-126°BT dengan luas wilayah 30.000 km2 dan beriklim tropis basah. Rakyat filipina masih banyak mengandalkan bidang pertanian, sumber daya alamnya antara lain kayu, minyak bumi, nikel, cobalt, emas dan perunggu, dengan Indonesia telah lama menjalin hubungan kerjasama ekspor dan impor.

 

d. Republik Rakyat Kampuchea ibu kotanya Phnom Penh pemerintahan Republik Komunis dengan kepala negara Presiden ( Dewan Negara ) dan kepala pemerintahan ketua dewan menteri (perdana menteri). Terletak pada 10°LU - 15°LU dan 102°BT- 108°BT, memiliki wilayah seluas 181.300 km2 dengan batas wilayah utara Thailand dan laos, timur vietnam, selatan Laut cina selatan, barat Thailand, Iklim tropis. Mata pencaharian bertumpu pada bidang pertanian dengan sistem pengolahan yang masih tradisional, Sumberdaya alam yang paling dominan terdapat pada bidang pertanian. Antara indonesia dan kamboja terjalin hubungan politik dan keamanan.

 

e. Republik Demokratik Rakyat Laos beribu kotakan Vientiane, bentuk pemerintahan Republik Komunis, kepala negara Presiden kepala pemerintahan  perdana menteri badan legislatif dewan nasional, bahasa utama laos, perancis, inggris lalu agama utama budhha dan animisme. Letak astronomis 14°LU - 22°LU dan 100°BT - 107°BT dengan berbatas sebelah barat Thailand dan Birma, utara Tiongkok dan Vietnam, timur Vietnam dan selatan Kamboja, beriklim tropis dengan suhu rata-rata 26°C bagian utara dan 28°C selatan. Pertanian merupakan kegiatan ekonomi utama yang menyerap lebih dari 72% tenaga kerja, sumber daya hutan di laos telah mengalami penurunan secara signifikan, diperkirakan tinggal ±130.000 km2 dan hanya ±70.000 km2 yang memiliki nilai jual, laos banyak melakukan kerja sama yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi seperti ekspor dan impor.

 

f. Malaysia ibu kota nya kuala lumpur, bahasa resmi melayu.  cina, tamil, inggris adalah bahasa tambahan (nasional) 50% agama islam, 12% budhha, kepercayaan tiongkok (Taoisme) 7%, sisanya Kristen, hindu dan agama lainnya. Secara geografis Malaysia berbatasan dengan laut cina selatan, Indonesia, selat singapura, singapura, selat malaka, dan Thailand. Malaysia terletak diantara 1°LU - 7°LS dan 100°BT - 120°BT, beriklim tropis. Perekonomian utama banyak bergantung pada hasil pertanian, Malaysia memiliki lahan pertanian dan perkebunan yang cukup luas. Dalam bidang kerja sama terlibat di berbagai bidang seperti hubungan diplomatic, ekonomi, kebudayaan, ketenaga kerjaan dan pendidikan terutama dengan Indonesia.

 

g. Pyee Daung – Su Socialist Thamada Myanma-Naigan atau Republik Sosialis Uni Myanmar beribu kota Yangon (dulu Rangon) pemerintahan republik kepala Negara presiden kepala pemerintah perdana menteri badan legislatif dewan rakyat. Penduduk Myanmar terdiri dari beberapa etnis 72% etnis Tibet Burma dari jumlah penduduk Myanmar, etnis ini dianggap sebagai pewaris peradaban bangsa-bangsa Pyus dan Mon yang menempati wilayah sekitas dataran rendah Irawadi. Kelompok suku lain ialah Shan 9%, Karen 7%, Tiongkok 3% dan India 2%. Komunikasi sehari-hari ,menggunakan bahasa resmi yaitu bahasa Burma, adapun mata uang yang digunakan kyat, Mayoritas memeluk agama Buddha (85%), sisanya Kristen, Islam, Hindu, kepercayaan suku dan lainnya. Pertanian merupakan aktivitias ekonomi yang penting, sumber daya alam utama berasal dari hasil pertanian, perkebunan, perikanan serta pertambangan. Dalam hubungan perdagangan internasional Myanmar melakukan kegiatan ekspor dan impor.

 

h. Singapura merupakan ibu kota His-chia-p’o Kung (Cina Mandarin): Republik Singapura (Melayu), Singapore Kudiyarasu (Tamil), republic of Singapore (Inggris), pemerintahan Republik, Kepala Negara Presiden, kepala pemerintahan perdana Menteri. Terletak antara 1°11’ LU - 1°27’LU dan 103°39’BT - 104°5’BT berbatasan langsung selat johor di sebelah barat dan sebelah utara, serta selat singapura di sebelah timur dan selatan, beriklim tropis. Sebagian besar penduduk keturunan Tiongkok 78%, Melayu 14%, India 7% sisanya suku bangsa yang lain. Singapura bukan Negara yang kaya sumber daya alam, oleh karena itu mengembangkan negaranya pada sector pariwisata dan perdagangan. Kerja sama dengan Indonesia berupa disepakatinya kawasan teritor Batam  sebagai daerah yang terbuka bagi industri – industry Singapura.

 

i. Muang Thai atau Prathet Thai/Kerajaan beribu kotakan Bangkok, pemerintahan kerajaan konstitusional, kepala Negara raja Bhumibool Adulyadej, kepala pemerintahan perdana mentri, terletak diantara 6°LU - 21°LU dan 97°BT - 106°BT berbatasan dengan Myanmar dan Laos sebelah utara, barat Myanmar, timur Kamboja dan Laos, selatan Malaysa dan Teluk Thailand, beriklim tropis. Sebagian besar (±75%) berasal dari suku bangsa Thai, sisanya orang-orang Tiongkok (14%), melayu dan Mongolia yang berkulit kuning (11%), perekonomian Thailand sangat tergantung pada bidang pertanian (beras dan karet) sebagai komoditas utamanya, Thailand merupakan negara terbesar keempat penghasil timah di dunia, selain itu terdapat juga minyak bumi dan worfram sebagai hasil dari sumber daya alam barang tambang, Kerja sama perdagangan Indonesia dan Thailand meliputi kegiatan ekspor dan impor.

 

j. Cong Hoa Xa Hol Chu Viet Nam (Republik Sosialis Vietnam) beribu kotakan Hanoi, pemerintahan republik komunis, kepala Negara  ketua dewan Negara, kepala pemerintahan perdana mentri. Di sebelah barat berbatasan dengan Teluk Siam, laos dan Kamboja, utara Tiongkok, timur dan selatan laut cina selatan, secara astronomis terletak antara 23°LU - 9°LU dan 105°BT - 109°BT. Produk demestik bruto (PDB) mencapai titik tertinggi pada tahun 2014, terkenal juga dengan irigasi yang baik, pertanian utama yaitu buah, sayur, ubi jalar, jagung tebu, the dan kopi. kerja sama bilateral antara Indonesia dan Vietnam sudah terjalin sejak Vietnam masih mengalami perang saudara dengan mengirim pasukan garuda di bawah bendera PBB.

 

Agar kalian lebih memahami tentang Negara-negara di ASEN, kerjakan aktivitas dibawah ini!

1.       Setelah mempelajari karakteristik Negara-negara di ASEAN, analisislah kesamaan dan perbedaannya!

2.       Dari kesaman dan perbedaan tersebut, sebutkan potensi-potensi  alam dan budaya yang dapat atau sudah dikembangkan oleh Negara tersebut!

3.       Sebutkan kerjasama apasaja pada setiap Negara dengan Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar