IPS kls 9 ( 09 September 2020 ) - MTS SA DARUL IHSAN

BELAJAR DAN TERUS BELAJAR

Rabu, 09 September 2020

IPS kls 9 ( 09 September 2020 )

 

Melanjutkan materi  minggu lalu

2. Amerika Serikat

a. lokasi

Amerika Serikat terletak pada 24°33’LU - 70°23’LU dan 172°27’BB - 66°51’BB, berbatasan dengan kanada di sebelah utara, samudra pasifik di barat, samudra atlantik di sebelah timur serta meksiki, teluk meksiko dan kuba sebelah selatan, juga memiliki Negara yang terpisah dari daratan utamanya yaitu Alaska yang terletak di barat laut kanada.

b. Iklim

Negara ini memiliki wilayah yang sangat luas juga memiliki berbagai jenis iklim yaitu jenis iklim kontinental, iklim sedang, mediteran, subtropics dan iklim dingin/kutub (Alaska), namun secara umum memiliki 4 musim yaitu musim semi, panas, gugur dan dingin, suhunya bias mencapai -30°C sedangkan panas mencapai 27°C sedangkan pada bagian gurun mencapai 43°C, di Alaska lebih rendah karena dekat dengan kutub yakni mencapai -21°C sampai -30°C pada musim dingin. dan curah hujan juga sangat bervariasi di pantai barat bias mencapai 2500 mm/tahun, namun di wilayah gurun dan dataran rendah pedalaman curah hujannya lebih rendah.

c. Bentuk muka bumi

secara fisik wilayah amerika serikat terdiri atas dua rangkaian pegunungan besar yaitu pegunungan Rocky (Rocky Mountain) di bagian barat dan pegunungan Appalancia di bagian timur, di antara kedua pegunungan tersebut terletak dataran sangant luas yang disebut Great plains, sejumlah sungai mengalir melewati dataran tersebut dengan sungai terbesarnya adalah sungai missisippi.

d. Geologi

beberapa kekayaan alam yaitu batu bara, minyak bumi, tembaga, posfat, timah, besi. Juga memiliki dataran yang sangat luas dan cukup subur, banyak ditanami sereal, jagung, dan dijadikan daerah peternakan.

e. Flora dan Fauna

di bagian utara atau daerah pegunungan banyak ditumbuhi pohon pinus, dibagian tengah (Great plains) terdapat padang rumput yang sangat luas, di bagian tenggara dapat dijumpai hutan yang menggugurkan daunya setiap tahun, biasanya terdapat pohon maple, elm, dan ek, pohon – pohon conifer yang tinggi dan besar banyak di jumpai di daerah pegunungan California. Jenis faunanya adalah bison, antelop, dan beruang di kawasan Midwest dan banyak lagi

f. Keadaan Penduduk

merupakan jumlah penduduk yang terbesar ketiga setelah cina dan india, penduduknya aslinya adalah suku Indian yang berasal dari Eurasia yang berimigrasi, namun ada juga Eskimo di Alaska yang jumlahnya relative kecil. Pada saat ini penduduk amerika serikat terdiri atas orang-orang kulit putih yang sebagian besar berasal dari Inggris dan Irlandia dan orang-orang kulit hitam atau negro  yang bberasal dari Afrika, ada juga orang-orang asia, seperti cina, india, jepang dan Vietnam serta penduduk asli yaitu indian.

 

Setelah mencatat kembali kebuku masing-masing silahkan jwb beberapa pertanyaan agar lebih memahami lagi

1.       Gambarkanlah beberapa keadaan fisik Negara Amerika Serikat!

2.       Keadaan alam Amerika Serikat dan sebaran penduduknya!

3.       Carilah informasi dari berbagai sumber, tentang keadaan alam sejumlah wilayah di Amerika Serikat dan pemanfaatan lahan dominan serta komoditas yang dihasilkannya.

 

Nama Wilayah

Keadaan Alam

Komoditas yang Dihasilkan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar